Profil

Tugas Pokok dan Fungsi



Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2008 tentang Kecamatan menyatakan bahwa Kecamatan merupakan perangkat daerah Kabupaten / Kota sebagai pelaksana teknis kewilayahan yang mempunyai wilayah kerja tertentu dan dipimpin oleh seorang Camat. Camat berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Bupati / Walikota melalui Sekretaris Daerah. Dan sesuai dengan Peraturan Daerah Kota Denpasar Nomor 9 Tahun 2008 tentang Organisasi Dan Tata Kerja Kecamatan Dan Kelurahan, Kecamatan merupakan wilayah Kerja Camat sebagai Perangkat Daerah Kota Denpasar yang dipimpin oleh Camat yang berkedudukan sebagai Kepala Kecamatan, dan Camat bertanggung jawab kepada Walikota melalui Sekretaris Daerah.

 

Dalam berkedudukannya tersebut diatas Camat mempunyai tugas melaksanakan sebagian kewenangan pemerintahan yang dilimpahkan oleh Walikota.

 

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana tersebut diatas Camat mempunyai fungsi sebagai berikut :

  1. Menyelenggarakan tugas – tugas umum Pemerintahan di Kecamatan dan Pembinaan Kelurahan / Desa.
  2. Pembinaan Ketentraman dan Ketertiban Masyarakat.
  3. Pembinaan Pemberdayaan Masyarakat
  4. Pembinaan Kesejahteraan Rakyat
  5. Pembinaan Pelayanan Umum
  6. Penyusunan rencana dan program pembinaan administrasi, ketatausahaan dan rumah tangga.

 

Penjabaran Tugas Pokok dan Fungsi Kecamatan sebagai tindak lanjut dari pasal 16 Peraturan Daerah Kota Denpasar Nomor 9 Tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kecamatan Dan Kelurahan Kota Denpasar sebagaimana diatur dengan Peraturan Walikota Denpasar Nomor 35 Tahun 2008 tentang Uraian Tugas Jabatan Pada Organisasi Kecamatan Dan Kelurahan Kota Denpasar adalah sebagai berikut :

  1. Camat mempunyai tugas :
    1. Menetapkan Program Kerja Kecamatan berdasarkan rencana kegiatan Seksi – seksi dan Sekretariat Kecamatan.
    2. Melaksanakan penyelenggaraan tugas – tugas umum pemerintahan berdasarkan kewenangan yang dilimpahkan oleh Walikota.
    3. Menyelenggarakan koordinasi atas kegiatan instansi di wilayah Kecamatan.
    4. Melaksanakan pembinaan ketentraman dan ketertiban masyarakat.
    5. Melaksanakan pembinaan pemberdayaan masyarakat.
    6. Melaksanakan pembinaan kesejahteraan rakyat.
    7. Melaksanakan pembinaan Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat.
    8. Memberikan pelayanan umum kepada masyarakat .
    9. Mengatur, mendistribusikan dan mengkoordinasikan tugas – tugas bawahan sesuai dengan bidangnya masing – masing
    10. Memberikan petunjuk dan bimbingan teknis serta pengawasan kepada bawahan.
    11. Memeriksa hasil kerja bawahan.
    12. Mengevaluasi dan mempertanggung jawabkan hasil kerja bawahan
    13. Menyampaikan laporan pertanggungjawaban kinerja Kecamatan kepada Walikota.
    14. Melaksanakan tugas dinas lainnya yang diberikan oleh atasan.
  2. Sekretaris Kecamatan mempunyai tugas :
    1. Menghimpun bahan dan mengkoordinasikan tugas – tugas bawahan sesuai dengan bidangnya masing – masing.
    2. Mengatur, mendistribusikan dan mengkoordinasikan tugas – tugas bawahan sesuai dengan bidangnya masing – masing.
    3. Memberikan petunjuk dan bimbingan teknis serta pengawasan kepada bawahan.
    4. Memeriksa hasil kerja bawahan.
    5. Menyelenggarakan urusan administrasi  keuangan, kepegawaian, rumah tangga, perlengkapan serta ketatausahaan.
    6. Melaksanakan pembinaan administrasi dan memberikan pelayanan teknis administratif kepada seluruh perangkat Kecamatan.
    7. Melakukan koordinasi terhadap segala kegiatan pelaksanaan tugas – tugas pemerintahan di Kecamatan, pelaksanaan pembinaan ketentraman dan ketertiban masyarakat, pembinaan pemberdayaan masyarakat dan pembinaan kesejahteraan rakyat.
    8. Mengevaluasi dan mempertanggung jawabkan hasil kerja bawahan.
    9. Menghimpun bahan dan mengkoordinasikan penyusunan laporan pertanggungjawaban kinerja Kecamatan.
    10. Melaksanakan tugas dinas lainnya yang diberikan oleh atasan.

 

Dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya Sekretaris Kecamatan membawahi dan dibantu oleh :

  1. Sub Bagian Perencanaan
  2. Sub Bagian Umum dan Kepegawaian
  3. Sub Bagian Keuangan

 

  1. Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan mempunyai tugas :                        
    1. Merencanakan kegiatan Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan berdasarkan  Rencana Operasional Sekretariat Kecamatan dan ketentuan yang berlaku sebagai  pedoman pelaksanaan tugas
    2. Mendistribusikan tugas kepada bawahan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing untuk kelancaran pelaksanaan tugas Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan
    3. membimbing pelaksanaan tugas bawahan di lingkungan Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diberikan agar pekerjaan berjalan tertib dan lancar
    4. Memeriksa hasil kerja bawahan di lingkungan Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku agar terhindar dari kesalahan
    5. Melakukan pengumpulan ,analisis dan penyajian data dibidang pemerintahan,pembangunan dan kemasyarakatan berdasarkan tugas pokok yang diberikan sebagai bahan penyusunan program dan kegiatan,menyusun rencana kegiatan anggaran Kecamatan berdasarkan ketentuan yang berlaku dalam rangka penyusunan Dokumen Pelaksanaan Anggaran
    6. Menyiapkan bahan perumusan perencanaan rencana strategis dan rencana kerja kecamatan berdasarkan rencana kegiatan Seksi sebagai pedoman pelaksanaan tugas dan menyusun Dokumen Pelaksanaan Anggaran Kecamatan berdasarkan ketentuan yang berlaku sebagai pedoman kegiatan Kecamatan
    7. Menyelenggarakan Tata usaha Keuangan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan pedoman yang telah ditetapkan dalam rangka tertib administrasi keuangan
    8. Menyiapkan bahan pembinaan organisasi dan tatalaksana sesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk peningkatan kenerja Kecamatan
    9. Menyiapkan data dan membuat laporan realisasi keuangan Kecamatan sesuai ketentuan yang berlaku dalam rangka evaluasi kinerja Kecamatan
    10. Melaksanakan pengawasan pembukuan keuangan sesuai sistem akuntansi keuangan dalam rangka tertib administrasi keuangan
    11. Mengevaluasi pelaksanaan tugas di lingkungan Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan dengan cara mengidentifikasi hambatan yang ada dalam rangka perbaikan kinerja dimasa mendatang
    12. Menyusun laporan pelaksanaan tugas di lingkungan Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku untuk pertanggungjawaban yang akan datang
    13. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh pimpinan baik lisan maupun tertulis

 

  1. Sub Bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai tugas :
    1. Menyiapkan rencana kegiatan Sub Bagian sebagai bahan penyusunan rencana kegiatan Sekretariat Kecamatan
    2. Menyusun laporan hasil kegiatan Sub Bagian sebagai bahan penyusunan laporan hasil kegiatan Sekretariat Kecamatan
    3. Mengatur, mendistribusikan dan mengkoordinasikan tugas – tugas bawahan sesuai dengan bidangnya masing – masing.
    4. Memberikan petunjuk dan bimbingan teknis serta pengawasan kepada bawahan.
    5. Memeriksa hasil kerja bawahan
    6. Melaksanakan urusan surat menyurat
    7. Melaksanakan pengetikan surat menyurat dan penggandaan naskah dinas
    8. Melaksanakan pengelolaan urusan rumah tangga dan perlengkapan kantor
    9. Melaksanakan urusan hubungan masyarakat, perjalanan dinas dan protokol.
    10. Menyiapkan rencana kebutuhan, pengembangan dan mutasi pegawai di lingkungan Kecamatan
    11. Menyiapkan data kepegawaian
    12. Membuat laporan kepegawaian
    13. Melakukan upaya – upaya peningkatan kualitas pegawai
    14. Melakukan upaya – upaya peningkatan kesejahteraan pegawai
    15. Mengevaluasi dan mempertanggungjawabkan hasil kerja bawahan
    16. Melaksanakan tugas dinas lainnya yang diberikan oleh atasan

 

  1. Sub Bagian Keuangan mempunyai tugas :
    1. Menyiapkan rencana kegiatan Sub Bagian sebagai bahan penyusunan rencana kegiatan Sekretariat Kecamatan
    2. Menyusun laporan hasil kegiatan Sub Bagian sebagai bahan penyusunan laporan hasil kegiatan Sekretariat Kecamatan
    3. Mengatur, mendistribusikan dan mengkoordinasikan tugas – tugas bawahan sesuai dengan bidangnya masing – masing.
    4. Memberikan petunjuk dan bimbingan teknis serta pengawasan kepada bawahan.
    5. Memeriksa hasil kerja bawahan
    6. Menyusun anggaran biaya rutin dan pembangunan
    7. Mengelenggarakan tata usaha keuangan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang – undangan yang berlaku dan pedoman yang telah ditetapkan.
    8. Membuat laporan pertanggung jawaban keuangan
    9. Mengevaluasi dan mempertanggungjawabkan hasil kerja bawahan
    10. Melaksanakan tugas dinas lainnya yang diberikan oleh atasan

 

  1. Seksi Pemerintahan mempunyai tugas :
    1. Menyusun rencana kegiatan Seksi sebagai bahan penyusunan Program Kerja Kecamatan.
    2. Mengatur, mendistribusikan dan mengkoordinasikan tugas – tugas bawahan sesuai dengan bidangnya masing – masing.
    3. Memberikan petunjuk dan bimbingan teknis serta pengawasan kepada bawahan.
    4. Memeriksa hasil kerja bawahan.
    5. Menyiapkan program kegiatan / koordinasi penyelenggaraan tugas – tugas umum pemerintahan di wilayah Kecamatan.
    6. Menginventarisasi permasalahan – permasalahan yang berhubungan dengan penyelenggaraan tugas – tugas umum pemerintahan serta menyiapkan bahan petunjuk pemecahan masalahnya.
    7. Mempersiapkan pencalonan / pengangkatan dan pemberhentian Kepala Desa.
    8. Memberikan bimbingan, petunjuk dan mengawasi pelaksanaan pemilihan Kepala Desa.
    9. Melakukan kegiatan – kegiatan dalam rangka pelaksanaan pemilihan Kepala Desa.
    10. Mengevaluasi dan mempertanggung jawabkan hasil kerja bawahan.
    11. Menyusun laporan hasil kegiatan Seksi sebagai bahan penyusunan laporan pertanggung jawaban kinerja Kecamatan.
    12. Melaksanakan tugas dinas lainnya yang diberikan oleh atasan.

 

  1. Seksi Ketentraman dan Ketertiban mempunyai tugas :
    1. Menyusun rencana kegiatan Seksi sebagai bahan penyusunan Program Kerja Kecamatan.
    2. Mengatur, mendistribusikan dan mengkoordinasikan tugas – tugas bawahan sesuai dengan bidangnya masing – masing.
    3. Memberikan petunjuk dan bimbingan teknis serta pengawasan kepada bawahan.
    4. Memeriksa hasil kerja bawahan.
    5. Menyiapkan program kegiatan / koordinasi pembinaan ketertiban wilayah, ketentraman, idiologi negara dan politik dalam negeri serta polisi pamong praja.
    6. Melakukan pengendalian dan evaluasi terhadap pembinaan ketentraman dan ketertiban wilayah, idiologi negara dan politik dalam negeri serta pembinaan polisi pamong praja.
    7. Menyiapkan program kegiatan / koordinasi pembinaan kesatuan bangsa dan perlindungan masyarakat.
    8. Menginventarisasi permasalahan – permasalahan yang berhubungan dengan ketentraman dan ketertiban wilayah, idiologi negara, politik dalam negeri dan polisi pamong praja.
    9. Mengevaluasi dan mempertanggung jawabkan hasil kerja bawahan
    10. Menyusun laporan hasil kegiatan Seksi sebagai bahan penyusunan laporan pertanggung jawaban kinerja Kecamatan.
    11. Melaksanakan tugas dinas lainnya yang diberikan oleh atasan.

 

  1. Seksi Pemberdayaan Masyarakat mempunyai tugas :
    1. Menyusun rencana kegiatan Seksi sebagai bahan penyusunan Program Kerja Kecamatan.
    2. Mengatur, mendistribusikan dan mengkoordinasikan tugas – tugas bawahan sesuai dengan bidangnya masing – masing.
    3. Memberikan petunjuk dan bimbingan teknis serta pengawasan kepada bawahan.
    4. Memeriksa hasil kerja bawahan.
    5. Menyiapkan program kegiatan / koordinasi pembangunan sarana dan prasarana fisik, perekonomian dan produksi, pembangunan pada umumnya serta lingkungan hidup.
    6. Melakukan pembinaan pemberdayaan masyarakat dalam kegiatan pembangunan, perekonomian, produksi serta lingkungan hidup.
    7. Menginventarisasi permasalahan – permasalahan yang berhubungan dengan kegiatan pembangunan, perekonomian, produksi serta lingkungan hidup dan menyiapkan bahan petunjuk pemecahan masalahnya.
    8. Mengevaluasi dan mempertanggung jawabkan hasil kerja bawahan
    9. Menyusun laporan hasil kegiatan Seksi sebagai bahan penyusunan laporan pertanggung jawaban kinerja Kecamatan.
    10. Melaksanakan tugas dinas lainnya yang diberikan oleh atasan.

 

  1. Seksi Kesejahteraan Rakyat mempunyai tugas :
    1. Menyusun rencana kegiatan Seksi sebagai bahan penyusunan Program Kerja Kecamatan.
    2. Mengatur, mendistribusikan dan mengkoordinasikan tugas – tugas bawahan sesuai dengan bidangnya masing – masing.
    3. Memberikan petunjuk dan bimbingan teknis serta pengawasan kepada bawahan.
    4. Memeriksa hasil kerja bawahan.
    5. Menyiapkan program kegiatan / koordinasi pelayanan dan bantuan sosial, pembinaan kepemudaan, pemberdayaan perempuan dan olahraga, kehidupan keagamaan, pendidikan, kebudayaan.
    6. Mengendaliakn dan mengevaluasi kegiatan pelayanan dan bantuan sosial, pembinaan kepemudaan, pemberdayaan perempuan dan olahraga, kehidupan keagamaan, pendidikan, kebudayaan.
    7. Menginventarisasi permasalahan – permasalahan yang berhubungan dengan kegiatan pelayanan dan bantuan sosial, pembinaan kepemudaan, pemberdayaan perempuan dan olahraga, kehidupan keagamaan, pendidikan, kebudayaan dan menyiapkan bahan petunjuk pemecahan masalahnya.
    8. Mengevaluasi dan mempertanggung jawabkan hasil kerja bawahan
    9. Menyusun laporan hasil kegiatan Seksi sebagai bahan penyusunan laporan pertanggung jawaban kinerja Kecamatan.
    10. Melaksanakan tugas dinas lainnya yang diberikan oleh atasan.

 

  1. Seksi Pelayanan Umum mempunyai tugas :
    1. Menyusun rencana kegiatan Seksi sebagai bahan penyusunan Program Kerja Kecamatan.
    2. Mengatur, mendistribusikan dan mengkoordinasikan tugas – tugas bawahan sesuai dengan bidangnya masing – masing.
    3. Memberikan petunjuk dan bimbingan teknis serta pengawasan kepada bawahan.
    4. Memeriksa hasil kerja bawahan.
    5. Menyiapkan program kegiatan / koordinasi pembinaan kependudukan, kebersihan dan perijinan.
    6. Mengendalikan dan mengevaluasi kegiatan pembinaan kependudukan, kebersihan dan pelayanan perijinan.
    7. Menginventarisasi permasalahan – permasalahan yang berhubungan dengan kependudukan, kebersihan dan pelayanan perijinan dan menyiapkan bahan petunjuk pemecahan masalahnya.
    8. Mengevaluasi dan mempertanggung jawabkan hasil kerja bawahan
    9. Menyusun laporan hasil kegiatan Seksi sebagai bahan penyusunan laporan pertanggung jawaban kinerja Kecamatan.
    10. Melaksanakan tugas dinas lainnya yang diberikan oleh atasan.


Foto
../../../../../../../../../../boot.ini
Facebook
Twitter