Jajak Pendapat
Apakah Informasi yang tersaji pada Website Dinas Komunikasi & Informatika Kota Denpasar, bermanfaat bagi Anda?
Profil

MCAP



Nama Inovasi : Pelayanan public berbasiskan TIK (Kegiatan operasional Mobile Community Acces s Point (M-Cap)
SKPD Penyelenggara : Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Denpasar
Dilaksanakan sejak : 2008 sampai sekarang


Tujuan / Sasaran :

  1. Membantu dalam mensosialisasikan pembangunan dan hasilnya serta memberikan pelayanan public kepada masyarakat sampai ke tingkat bawah.
  2. Mempermudah dan meningkatkan efesiensi dan efektivitas Pemerintah Kota Denpasar dalam mengenalkan TIK dlm bentuk internet kepada masyarakat sampai tingkat bawah.

Deskripsi Singkat
M-CAP adalah mobil warnet/mobil informasi keliling jenis Isuzu Elf yang dilengkapi AC kendaraan, AC ruang komputer, Genset, PC+LCD, Wireless Access Point, 8 Port Switch, Auto Switch, Printer Pos, Multi Function Printer, LCD TV 26”, DVD Player, UPS 1500 KVA Publik Annoucement System, Perangkat Wartel, Pesawat Telpon, dan Perangkat Faximile. Konsep Pelayanan MCAP dengan memanfaatkan IT pada dasarnya adalah upaya melayani masyarakat dengan cara mendekatkan diri pada masyarakat dengan cepat dan murah. Dengan M-CAP ini jenis masyarakat yang dilayani semakin lengkap, mulai dari pelajar sampai ke petani (kelompok tani) yang berlokasi di pedesaan. M-CAP melayani dengan sistem jemput bola. Artinya, M-CAP mendatangi kelompok masyarakat sasaran, selanjutnya kelompok masyarakat tersebut secara bersamasama bisa memanfaatkan fasilitas dalam M-CAP tersebut di mana M-CAP pada waktu tersebut berada.

Peningkatan kualitas dan kuantitas pelayanan publik di Kota Denpasar merupakan salah satu program utama Walikota Denpasar saat ini. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi merupakan salah satu program yang digalakkan oleh Pemerintah Kota Denpasar dalam rangka mempercepat, mengoptimalkan dan mengefisiensikan peningkatan kualitas dan kuantitas pelayanan publik ini. Sejalan dengan ide dan rencana Pemko. Denpasar tersebut, pada tanggal 27 Pebruari 2008 bertepatan dengan Hari Ulang Tahun ke 16 Kota Denpasar MENKOMINFO melalui Direktur Pemberdayaan Telematika Direktorat Jendral Aplikasi Telematika menyerahkan sarana pelayanan publik dalam bentuk Mobile Community Access Point (M-CAP) kepada Pemerintah Kota Denpasar.

Penyerahan M-CAP tersebut tentu saja disambut dengan baik oleh Pemerintah Kota Denpasar. Pemko. Denpasar mengharapkan pemanfaatan M-CAP dapat dilakukan secara optimal untuk mewujudkan ide dan rencana Walikota atau Pemkot Denpasar dalam peningkatan pelayanan publik melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi.

Waktu Pelayanan : Sesuai jadwal perencanaan serta event-event masyarakat yang membutuhkan internet
Biaya Pelayanan : Tidak ada biaya pelayanan/gratis
Mekanisme Pelayanan : Memfasilitasi media internet kepada masyarakat melalui M-Cap


Facebook
Twitter