Jajak Pendapat
Apakah Informasi yang tersaji pada Website Dinas Komunikasi & Informatika Kota Denpasar, bermanfaat bagi Anda?
Baca Berita

Penerapan Aplikasi E-Sewaka Dharma di Desa dan Kelurahan di Kota Denpasar

Oleh : kominfo | 07 Agustus 2017 | Dibaca : 218 Pengunjung

Denpasar merupakan kota yang memiliki 43 Desa/Kelurahan dengan 4 Kecamatan. Desa dan Kelurahan merupakan sumber data dan informasi dasar yang berkaitan dengan penduduk dan potensi desa/kelurahan tersebut. Segala sesuatu yang berurusan dengan surat-menyurat dan administrasi desa dan penduduk bersumber dari Kelurahan dan Kantor Desa.

Pemerintah Kota Denpasar sudah mulai menerapkan Sistem Informasi Terintegrasi untuk menunjang pelayanan yang lebih baik dan menjadikan Denpasar sebagai kota yang cerdas (Smart City), sehingga satu per satu sistem yang sudah ada dan akan dibangun di Lingkungan Pemerintah Kota Denpasar akan di integrasikan dengan Pusat Data Denpasar.

Pusat Data Denpasar merupakan satu sistem yang dibangun untuk mengintegrasikan seluruh sistem dan data yang dimiliki oleh Pemerintah Kota Denpasar, baik di SKPD ataupun di Desa dan Kelurahan. Mengingat data Desa dan Kelurahan merupakan data yang erat kaitanya dengan data kependudukan dasar serta administrasi desa yang sangat penting artinya bagi Pemerintah Kota Denpasar, sehingga diperlukan adanya integrasi secara real time antara data Desa dan Kelurahan dengan Pusat Data Denpasar. Pemerintah Kota Denpasar membuatkan satu aplikasi yang bersifat general yang dapat digunakan oleh semua Desa dan Kelurahan yang belum menggunakan Sistem Informasi Manajemen Kependudukan sama sekali. Agar integrasi data dan sistem di Desa dan Kelurahan dengan Pusat Data Denpasar dengan cepat dapat dilaksanakan, selain daripada itu dengan adanya Sistem Informasi Manajemen Kependudukan di Desa dan Kelurahan diharapkan dapat mengoptimalkan pelayanan administrasi kependudukan kepada masyarakat.

Adapun tujuan dari kegiatan ini ialah tersedianya suatu aplikasi web yang dapat diakses dengan mudah oleh seluruh perangkat desa dan kelurahan untuk memanajemen data dan informasi kependudukan dan administrasi kependudukan, serta mempercepat pelayanan kepada masyarakat. Selain itu juga bertujuan mempercepat proses integrasi data antara Desa dan Kelurahan dengan Pusat Data Denpasar. Dan juga diadakan pelatihan kepada pegawai di desa dan kelurahan agar lebih memahami cara penggunaan aplikasi ini.


Oleh : kominfo | 07 Agustus 2017 | Dibaca : 218 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



Facebook
Twitter