Jajak Pendapat
Apakah Informasi yang tersaji pada Website Dinas Komunikasi & Informatika Kota Denpasar, bermanfaat bagi Anda?
Baca Berita

Pemkot Denpasar Perkenalkan “Balinese Keybord Aksara Bali”

Oleh : kominfo | 17 Februari 2014 | Dibaca : 1426 Pengunjung

Dalam zaman era globalisasi seperti sekarang ini pengaruh blobalisasi  sangat deras dampaknya terhadap budaya lokal, salah satunya terlihat dari penggunaan bahasa daerah yang semakin tenggelam. Dimana bahasa Bali semakin terabaikan dan makin merosot posisinya terutama dikalangan anak muda. Oleh sebab itu Pemkot Denpasar melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Denpasar berkerja sama dengan kreatifitas muda dari Universitas Udayana Fakultas Ilmu Komputer FMIPA dan SMKN 1 Denpasar, membuat suatu terobosan baru dan unik di bidang Informasi Teknologi yaitu Aplikasi Aksara Bali pada komputer dengan Balinese Keybord. Demo aplikasi “Balinese Keybord Aksara Bali” ditinjau langsung Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra didampingi Kadis Komunikasi dan Informatika Kota Denpasar I Dewa Made Agung dan Kadis Kebudayaan Kota Denpasar I Made Mudra, Senin (17/2) di Gedung Sewaka Dharma.

 

Kadis Komunikasi dan Informatika Kota Denpasar I Dewa Made Agung  mengatakan, “Ide kreatif ini tercetus dari pemikiran Walikota Denpasar yang menginginkan budaya lokal terutama Bahasa Bali tidak hilang di zaman teknologi ini terutama dikalangan anak muda. Melihat hal tersebut munculah ide kreatif yang memadukan Aksara Bali dengan teknologi untuk membuat Balinese Keybord Aksara Bali, dimana nantinya diharapkan generasi muda tertarik untuk belajar mencintai serta memahami Aksara Bali, agar kebudayan lokal ini tetap terjaga selamanya,” kata Dewa Agung. Dia juga menambahkan, Balinese keybord Aksara Bali ini merupakan sebuah awal dari salah satu kreatifitas generasi muda yang perlu terus digali dan dikembangkan. Agar kedepannya kreatifitas seperti ini menjadi pemicu generasi muda supaya lebih banyak berkreasi menciptakan sesuatu yang baru tapi tidak meninggalkan budaya lokal yang dimiliki.

 

Sementara itu Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra sangat mengapresiasi  atas kratifitas generasi muda dari Team Ilmu Komputer FMIPA dan SMKN 1 Denpasar atas keberasilannya mengaplikasikan atau mewujudkan ide kreatif Balinese Keybord Aksara Bali ini. Dimana Aksara Bali ini sudah mulai di tinggalkan masyarakat, melihat prilaku generasi muda saat ini sudah sangat jauh berbeda. Oleh sebab itu dengan adanya Balinese Keybord Aksara Bali ini, nantinya biar bisa diperkenalkan di sekolah-sekolah. Agar generasi muda bisa mempelajari dan menyukai Aksara Bali sejak dini. “Saya sangat mendukung ide dan hasil kreatifitas yang dilakukan oleh siswa SMK 1 Denpasar dan mahasiswa Unud. Saya berharap penemuan ini dapat bermanfaat bagi genersasi muda dan pelestarian salah satu budaya Bali yang sangat adiluhung ini,” pungkas Walikota (Ays)


Oleh : kominfo | 17 Februari 2014 | Dibaca : 1426 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



Facebook
Twitter